Translate

Kamis, 08 Januari 2015

Mercusuar Putih di Bangkalan, Madura



Mercusuar


Mercusuar
  

Sesuai janji sebelumnya, bahwa penulis akan membahas tentang Mercusuar di Bangkalan, Madura. Bahasan ini sempat sedikit disinggung di tulisan warung seafood: Matus.


Karena fungsinya yang membantu penerangan kapal untuk menghindari karang-karang laut, tentu keberadaannya selalu disekitar pinggir pantai. Hingga bagi penduduk setempat Mercusuar ini, terkenal dengan sebutan lain: LAMPU.


Berjarak sekian puluh meter dari warung seafood: Matus, dari kejauhan sudah tampak terlihat, gagah menjulang berwarna putih bersih. Karena setahun atau dua tahun silam memang di’bersih’kan. Kinclong baik badan Mercusuar maupun lingkungan disekellilingnya. Meski didalam Mercusuarnya dah mulai kotor lagi sih.


Cukup banyak pengunjungnya, terutama hari sabtu, minggu, dan tanggal-tanggal merah. Sayangnya diantara pengunjung masih banyak yang belum bisa menjaga dengan baik peninggalan bersejarah, coretan mulai memenuhi dinding Mercusuar.


Mercusuar tersebut dibangun dibawah kekuasaan Wilhem pada tahun 1848, ini tertulis jelas di pintu masuk.

Kurang lebih ada 13 lantai untuk menuju puncak Mercusuar. Semakin naik, semakin mengerucut. Capek? well, iya. Tapi worth it-lah. Sesampainya diatas, bisa melihat dengan bebas, selat Madura. Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Kota Gresik. Disisi lain, warna-warni gradasi hijau dari pepohonan, hutan bakau disekeliling area Mercusuar semakin membuat asri pemandangan dari atas.

Penulis juga nyempetin untuk teriak sekencang-kencangnya...mencari kelegaan hati dan pikiran. Hahaaa.

Mitos yang beredar:

"Jangan kesana dengan pasangan, nanti berpisah."

Well, believe it or not ;D


salah satu sudut pandang dari atas Mercusuar

sempetin foto, view bagus di jembatan menuju Mercusuar

Tarif masuk sepeda motor ke area parkir Mercusuar:  Rp. 2000,-
Tarif masuk mobil ke area parkir Mercusuar: Rp. 3000,-
Tarif menaiki Mercusuar: Rp. 5000,-
Tentang makanan, gak perlu kuatir, di sekitar area terdapat 3 atau 4 lapak sederhana yang menjual rujak cingur yang lumayan-lah untuk mengisi perut dan berbagai macam minuman. Harganya? Sangat bersahabat. Kisaran Rp. 3000 – Rp. 5000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar